Tire, Komuditi Unik…

25 09 2010

A. Pendahuluan

Tanaman Tire adalah tanaman daerah tropis yang termasuk family iles-iles.

Tanaman ini mempunyai umbi yang kandungan Glucomanan-nya cukup tinggi. Untuk daerah Jawa tanam ini bernama Porang. Dengan nama latin AMORPHOPALLUS ONCHOPILLUS.

B. Morfologi Tire

Tanaman Tire merupakan tumbuhan herba dan menchun. Batang tegak, lunak, batang halus berwarna hijau atau hitam belang-belang (totol-totol) putih. Batang tunggal memecah menjadi tiga batang sekunder dan akan memecah lagi sekaligus menjadi tangkai daun. Pada setiap pertemuan batang akan tumbuh bintil/katak berwarna coklat kehitam-hitaman sebagai alat perkembangbiakan tanaman Tire. Tinggi tanaman dapat mencapai 1,5 meter sangat tergantung umur dan kesuburan tanah. Di Indonesia tanaman Tire dikenal dengan banyak nama tergantung pada daerah asalnya. Misalnya disebut acung atau acoan oray (Sunda), Kajrong (Nganjuk) dll. Banyak jenis tanaman yang sangat mirip dengan Tire yaitu diantaranya: Suweg, Iles-iles dan Walur.

C. Syarat Tumbuh

Tanaman Tire pada umumnya dapat tumbuh pada jenis tanah apa saja, namun demikian agar usaha budidaya tanaman Tire dapat berhasil dengan baik perlu diketahui hal-hal yang merupakan syarat-syarat tumbuh tanaman Tire, terutama yang menyangkut iklim dan keadaan tanahnya.

1. Keadaan Iklim Tanaman Tire mempunyai sifat khusus yaitu mempunyai toleransi yang sangat tinggi terhadap naungan atau tempat teduh (tahan tempat teduh). Tanaman Tire membutuhkan cahaya maksimum hanya sampai 40%. Tanaman Tire dapat tumbuh pada ketinggian 0 – 700 M dpl. Namun yang paling bagus pada daerah yang mempunyai ketinggian 100 – 600 M dpl.

2. Keadaan Tanah Untuk hasil yang baik, tanaman Tire menghendaki tanah yang gembur/subur serta tidak becek (tergenang air). Derajat keasaman tanah yang ideal adalah antara PH 6 – 7 serta pada kondisi jenis tanah apa saja.

3. Kondisi Lingkungan Naungan yang ideal untuk tanaman Tire adalah jenis Jati, Mahoni Sono, dan lain-lain, yang pokok ada naungan serta terhindar dari kebakaran. Tingkat kerapatan naungan minimal 40% sehingga semakin rapat semakin baik.

D. Perkembangbiakan Tire

Perkembangbiakan tanaman Tire dapat dilakukan dengan cara generatif maupun vegetatif. Secara umum perkembangbiakan tanaman Tire dapat dilakukan melalui berbagai cara yaitu anatara lain:

1. Perkembangbiakan dengan Katak Dalam 1 kg Katak berisi sekitar 100 butir katak. Katak ini pada masa panen dikumpulkan kemudian disimpan sehingga bila memasuki musim hujan bisa langsung ditanam pada lahan yang telah disiapkan.

2. Perkembangbiakan dengan Biji/Buah Tanaman Tire pada setiap kurun waktu empat tahun akan menghasilkan bunga yang kemudian menjadi buah atau biji. Dalam satu tongkol buah bisa menghasilkan biji sampai 250 butir yang dapat digunakan sebagai bibit Tire dengan cara disemaikan terlebih dahulu.

3. Perkembangbiakan dengan Umbi

- Dengan umbi yang kecil, ini diperoleh dari hasil pengurangan tanaman yang sudah terlalu rapat sehingga perlu untuk dikurangi. Hasil pengurangan ini dikumpulkan yang selanjutnya dimanfaatkan sebagai bibit.

- Dengan umbi yang besar, ini dilakukan dengan cara umbi yang besar tersebut dipecah-pecah sesuai dengan selera selanjutnya ditanam pada lahan yang telah di siapkan.

E. Budidaya Tire di perum Perhutani Budidaya Tire telah dilaksanakan di dalam kawasan hutan Perum Perhutani Unit II Jawa Timur seluas 1605,3 Ha, yang meliputi beberapa wilayah KPH sebagai berikut: No KPH Luas (Ha)

1. Jember 121,3

2. Nganjuk 759,8

3. Padangan 3,9

4. Saradan 615,0

5. Bojonegoro 35,3

6. Madiun 70,0
Budidaya Tire juga telah dikembangkan di Pulau Sulawesi dan Kalimantan lewat PT. Bumi Agromas Sejahtera di Antaranya :

1. Sulawesi Selatan, Untuk Sulawesi selatan telah dikembangkan di daerah : Gowa, Maros, Takalar, Bantaeng Bulukumba, Luwu Raya diantaranya di Luwu, Palopo, Luwu Timur,dan Luwu Utara, bahkan jenis tanaman ini tumbuh liar didaerah pangkep dan Bulukumba.

2. Sulawesi Barat,

3. Sulawesi Tenggara,

4. Kalimantan Timur, dimana Kutai Barat lewat KTNA menjadi percontohan budidaya tanaman ini.

F. Manfaat Tire Manfaat

Tire banyak sekali terutama untuk industri dan kesehatan, hal ini terutama karena kandungan zat Glucomanan yang ada di dalamnya. Adapun manfaat unbi Tire adalah sebagai berikut:

1. Bahan lem

2. Jelly

3. Mie

4. Conyaku/tahu

5. Felem

6. Perekat tablet

7. Pembungkus kapsul

8. Penguat kertas

G. Pemasaran

Pangsa pasar umbi Tire mencakup pasar luar negeri dan dalam negeri.

1. Untuk pangsa pasar dalam negeri; umbi Tire digunakan sebagai bahan mie yang dipasarkan di swalayan, serta untuk memenuhi kebutuhan pabrik kosmetik sebagai bahan dasar.

2. Untuk pangsa pasar luar negeri; masih sangat terbuka yaitu terutama untuk tujuan Jepang, Taiwan, Korea dan beberapa negara Eropa.

Untuk daerah Sulawesi dan Kalimantan dipasarkan Oleh PT. Bumi Agromas Sejahtera, (Sumber : Data litbang PT Bumi Agromas Sejahtera)

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

About these ads

Aksi

Information

56 responses

25 09 2010
hasbullah tulle

kandungan Tire/porang (amarphopallus Onchopillus)
Umbi porang atau suku jawa menyebutnya : iles-iles, walaupun istilah ini tidak tepat, mengandung bahan/senyawa yang mahal harganya yaitu: Glucomannan. Glukomannan adalah polisakarida hidrokoloid yang terdiri dari residu D-glucose dan D-mannose. Membeli porang/konjac sama dengan membeli viskositas. Mutu Porang/Konjac Indonesia yang dicari adalah: > 60.000 cps. Jepang, taiwan, Hongkong, USA memerlukan porang sebagai makanan kesehatan. Karena sebagai polisakarida, atau bahasa orang AWAM (PATI). glukomannan ini mengandung rendah kalori yakni: sekitar 3 Kkal/100 g bahan. porang

12 10 2010
ptags

Kendala dalam sosialisasi adalah pada masalah menyakinkan potensi Tanaman Tire tersebut terkait peluang dan Potensi Pasarnya…

Terimah kasih Pak… atas tambahan datanya…

9 10 2010
Zamil

Bismillah.
Saya mau tanya. di mana bisa didapat bhibit tanaman tire ttersebut?
klo bisa saya dikirimin tempat/lokasi yang menyediakan bibit tersebut. terutama di Sulawesi Tenggara, Kendari karena saya bermukin di Kendari.
Jazzakallahu Khair wa baarakallahufik.

12 10 2010
ptags

Untuk pemesanan Bibit saat ini kami hanya melayani dlm bentuk Umbi dikarenakan jenis bibit Gulby dan Biji tidak tersedia.

Untuk Pemesanan Bibit Umbi diOrder terlebih dahulu min 2 pekan sebelum pengiriman.

untuk jelasnya akan kami kirimkan lewat email

Tlg Info
Nama, Alamat dan Nomor HP/Telp. yg bisa kami hubungi
dan Jumlah Orderan… Min 1 Hektar

Terimah kasih atas Responya…

15 10 2012
Hidayat Sanchez

Bisa di sediakan dlm kurun waktu 2-3 minggu kedepan? untuk 2 Hektar.
Nama : Hidayat no.Hp : 085656789930 alamat : Makassar

12 10 2010
Rere

kerennnn……mg semakin mensejahterakan indonesia…amin….semangat!!

12 10 2010
ptags

Amin.. InsyAllah…

Makasih atas tanggapannya

13 10 2010
mashuddin

ini sahabat dari buton, kapan rencana kesini pak, kami semakin yakin akan komiditi ini pak, pokoke huabet banget lo pak, ternyata semua negara maju sekarang haus akan komoditi loh pak

14 10 2010
hasbullah tulle

pengembangan tire sudah msk di sultra bulan juli lalu sudah di sosialisasikan di balai diklat kendari yg di hadiri para ketua gapoktan dari berbagai kab di sultra termasuk buton… kami baru2 ini ke muna (raha) di kecamatan mawasangka untuk adakan penanaman…
tanaman ini tidak rewel n tidak perlu dipelihara… yg penting ada naungan dan tanahnya tdak terendam insyaallah akan tumbuh subur…

14 10 2010
awan hidayat

cukup tertarik dgan tanaman ini.. Tp saya bingung untuk tau bgaimana memperoleh benihnya..
Mau tanya pak, apa bisa kiranya ada krja sama khusus dgan pihak pengembang dgn para petani? Misalnya bapak cukup memberikan bantuan berupa bibitnya, trus masalah lahan dan pembudidayan diserahkan ke pihak petani, dgan catatan pemasaran langsung pihak bpak yg menangani…
Trus kalau dimksar pak, dimana kantornya?

14 10 2010
hasbullah tulle

tamanan ini cukup menarik pak…
untuk mengembangkannya cukup 1x stelah itu akan berkembang biak terus sepanjang thn.. meskipun tiap jg di panen.. berkembang biak melalui biji.. gulby/katak (biji pd daun) dan umbinya sendiri….
sistem pengembangan dgn budidaya sdh berjln.. dgn prinsip kerja sama mitra antara perusahaan dgn petani.. dimana perusahaan akan menjamin hasil panen n mengajari teknis budidaya sedangkan petani menyiapkan lahan dan bibit….
kalo bpk tertarik dpt mengirim email ke : hasbullah_tulle@yahoo.co.id atau menghubungi kantor pengembangan komoditi tire di Kompleks Ruko BPH ruko II no. 2 jln sultan alauddin mks….

5 08 2013
mus

Mau tax mslh pemasaran pasca panenx bsa d jual d mna? Apa ada prusahaan yg siap menampung hasil panenx? Trus tirex bsa d jual dalm basah atau kering?

17 10 2010
Weno

Amarphopallus Onchopillus di daerahku pegunungan Purbalingga Jateng dinamakan BADUR (umbinya sangat gatal bila kemakan) beda dg iles2 atau SUWEG yg tidak ada rasa gatal bila di makan, dimana alamat si penjual bibit Amarphopallus Onchopillus dan pembelinya bila sudah panen di daerah jawa tengah? terimakasih

22 10 2010
hasbullah tulle

Pak Weno …
Bisa di foto ngak pak… kalo betul dan bapak bisa kumpulin nanti sy ke t4 bapak… di purbalingga…. u beli BADURnya tolong dikabari dan di kasih alamatnya….
sebelumnya foto2 BADURnya tolong kirim di email ke saya : hasbullah_tulle@yahoo.co.id
atau kirim samplenya BADUR nya ke alamat saya :
Kompleks Ruko BPH, Ruko II No. 2
Jln Sultan Allauddin – Makassar
Sulawesi Selatan 90221
biar kami ke sana sudah bisa langsung transaksi pembelian pak….
thx atas infonya….

23 11 2010
Weno

Terimakasih Pak Hasbullah atas tanggapannya, ok nanti saya survei lagi ke Purbalingga mengingat tumbuhan ini liar di kebun2 artinya tidak di budidayakan masyarakat karena masyarakat tidak tahu kegunaannya. sekitar tahun 80an memang pernah ada pembeli yg sudah di keringkan seperti bentuk keripik tapi tidak berlangsung lama sehingga sampai sekarang di anggap hama kebun, anehnya kalau kena cangkul bukannya mati tapi tambah beranak pinak, terimakasih

3 11 2010
sadar mallarangeng

to ; saya berminat jadi mitra bisnis Bapak
Citra Anugrah Sejati Utama CV
Jl. Nangka Blok B 27 Kab. Pangkep

8 11 2010
ptags

Iya Pak dengan senang hati.
Bisa langsung kekantor ato nanti dijadwalkan kepangkep.

13 11 2010
Zainal Arifin

ini peluang yang sangat baik bagi petani pak Hasbullah Tulle, saya punya tanaman tire tetapi saya mau pastikan apakan sama jenisnya yang bapak maksud, bisa nda bapak kasi no HP nya

14 11 2010
hasbullah tulle

To : Bpk Zainal Arifin
Bpk domisili di daerah mana ? kl bisa tolong bpk yg titip no hp.. nanti saya yg hub bpk.. atau sy minta email bapak nanti sy hub…

19 11 2010
Zainal Arifin

Sinjai Bapak, jl A.M. Saleh no 14 Sinjai HP 081342 697 774
E-mail indagsinjai@yahoo.com

22 06 2011
muh anas

bapak zainal arifin
Sy pak anas tinggal di daerah bulukumba…. saya punya baxk tanaman tire…
dan sy mau jual hargax per kilo berapa pak….
n hubungi saya di no 085299571329..

21 11 2010
sabir syur

Assalamu Alaikum ww…. saya tertarik dengan budidaya tanaman tire …. saya pingin kerjasama … gimana sistim kejasamannya… thanks.

Lokasi > 1 ha
Mannanti Tellulmpoe Sinjai
Rmh. Jl. Bulu Lohe 28 Sinjai
HP. 081 384 316 370
sabir_syur@yahoo.com

26 11 2010
muhammad ashar,s.sos

saya berminat jadi mitra pak hasbullah di prov. sulbar, kini di provinsi termudah ini masih banyak lahan tidur yang tdk termanfaatkan. tetapi sy gak tau gmn caranya ut kontak langsung dgn pak hasbullah. nmor sy 081 355 666 676

5 12 2010
hasbullah tulle

di sulbar kita sudah ada orang (perwakilan) yang bantu namanya p iwan silahkan hub 085299774358, dalam waktu dekat bibit u budidaya sdh dikirim…

11 12 2010
muhammad ashar, s.sos

ass, terima kasih pak atas infonya,

20 12 2010
aditya

Di daerah saya, banyak tanaman yg sama dgn Tire tpi ko’ gatal yea? bsa ga’ saya kirim sampelx n kirimx kemana?
hub saya di no. 085255368231

27 12 2010
Admn

Pak Aditya mungkin bisa dikirimkan sampelnya dalam bentuk Foto ke email kmi.
pangan.maslutim@gmail.com
hasbullah_tulle@yahoo.co.id

atau bisa kirim langsung ke alamat kantor Kami

Kompleks Ruko BPH, Ruko II No. 2
Jln Sultan Allauddin – Makassar
Sulawesi Selatan 90221

6 01 2011
muhammad syahrir

pak Hasbullah, saya tertarik dengan budidaya Tire, mohon informasinya lebih detail, cuma saya agak ragu sedikit, jangan sampai kasusnya sama seperti tanaman mengkudu, setelah sudah banyak yg budidayakan, sekarang tidak ada pembelinya, mohon informasinya.

Syahrir
Makassar

14 01 2011
Iskandar

Ass Pak Hasbullah, saya mau tanya bibit tire/porang yang dari umbi atau bubil,apakah bapak punya stoknya? dan berapa harga par kg?

Nama : Iskandar
Alamat: Jl.Cibanteng 2 No.13 Rt.005/Rw.07
Kel.Rawa badak Utara Kec,Koja jakarta Utara 14230
Hp:0813 195 1111 7

18 01 2011
Dasmar

saya sgt tertarik dgn tire tapi saya ndak tahu kemana saya mendapatkan bibitnya krn jenis tire yg banyak hidup di daerah saya bukan jenis tire yang di cari mhn bantuannya

Dasmar
Alamat : Larompong Sulsel
no. Hp 08124280995

25 01 2011
hasbullah tulle

mohon maaf baru sempat buka web ini pak…… @ bpk aditya : domisili bpk dimana ? tire memang gatal pak… ciri2 tire yg di olah batang halus, percabangan daun ada gulby/katak (biji) warna coklat, n umbi berwarna kekuning2ng.. kl bpk mau kirim sample kirim ke alamat Kompleks Ruko BPH, ruko II no. 2 jln. sltan alauddin Makassar 90221 di tujukan ke saya sj pak… kl bpk mau hub sy di 081343535588… tolong sms dulu sblm kontak sya..
@ bpk syarir : sy juga korban mengkudu pak.. insyaallah tdk terjadi di tire.. kami sudah hampir 5 thn eksis n kontinue ekspor tire…. bisa bpk jln2 ke pengolahan kami di mks n takalar…. kami jg tidak paksa bpk kalau ragu jgn pak… kl bpk tertarik jg jgn lgsg tanam tp pelajri dl prospek pasar n manfaat tire setelah itu bpk putuskan tanam atau tdk…
@ p dasmar : silahkan hub bpk iryawadi gapoktan babang (ketua gapoktan babang) di larompong selatan… kl mau bibit bisa langsung ke iryawdi
@ p iskandar : nanti sy kontak bpk..

26 01 2011
faesal karim

kami msh kesulitan bibit tire d belopa-luwu.tlng kirim kan foto2 transaksi pengiriman ekspor tire ke LN.

6 02 2011
hasbullah tulle

To : Bpk Faisal
maaf pak kami tdk perlu membuktikan ke bpk u komoditi ini bisa di eksport… kami tidk rugi kl bpk tdk percaya… tidak usah sy kirimi bpk foto2nya.. bpk lgsung sj ke pengolahan kami di luwu (jika tertarik) liat langsung proses pengolahan tirenya ada 4 tempat yaitu :

1. Di desa babang kec larompong selatan (gapoktan babang)
2. Noling kec. padang sappa luwu ( t4 p sekde buntu batu)
3. Belopa (dekat rmh skt umum) di penggilingan padi ustas khalid (PMT)
4. kelurahan Songka kota palopo t4 p sunil

terima kasih atas tanggapan bpk…

11 02 2011
Syarif Nuryaqin

Ass WW

Saya bermukim di Batam.
Saya tertarik untuk bisa jadi mitra bapak.
Apakah saya boleh jalan ke tempat diMakassar. sy ingin memperkenalkan diri, sekaligus utk melihat umbi tire-nya.

Wassalam

28 02 2011
hasbullah tulle

Walaikum salam p syarif…
silahkan hub sy pak kl ke makassar… insyaallah sy bantu semampunya…

23 02 2011
hidayat

sya punya lhan kosong skitar 10h sya brmnt untuk krja sma

28 02 2011
hasbullah tulle

lokasinya di mana p hidayat… ?

13 03 2011
irman

tolong informasi tempat pemasaran tire dimakassar dan berapa harga pasarannya untuk daerah sul – sel.

30 03 2011
Abdul Rahman

Harga Tire berapa???

30 03 2011
uddin

asslkm. pak Hasbullah..
mohon info harga tire skrg….
sy sangat tertarik dgn komoditas ini…..

7 04 2011
Abdul Rahman

mohon petunjuknya pak Hasbulla….
sy dari mencari alamat kantor bpk, tp tidak ketemu…
sy berniat bekerja sama….sbg mitra….bpk..
terima kasih….

7 04 2011
Suriady

mohon petunjuknya pak,
sy banyak menemukan tanaman Tire di lokasi sy (Daerah Pangkep, Balocci) tp sy tidak tau mau di jual kemana…
apakah bapk bisa memberi petunjuk slur penjualannya….!!!
terima kasih
wassalam….

18 04 2011
Abdillah Lapatau

saya tertarik berbisnis tire, tolong kasi info harga berapa per kg ?

19 05 2011
muh anas

bagi yg berminat untuk pemesanan bibit tire silahkan hubungi kamidi
hp 085299571329

26 05 2011
Muh.Agung.S

Salam kenal sebelumnya pak HASBULLAH TULLE.
saya tertarik membudidayakan tanaman TIRE / Porang,pertanyaan saya:
1.dimana sya bisa dapat bibitnya?
2.berapa harga bibitnya/batang?
3.kalau pasarannya skrg brapa / kg(kering)??
4.kalau saya beli bibit dr bapak dan saya tanam bibitnya,kira-kira jangka brapa bulan atau brapa tahun baru bisa dipanen??
5.kalau dalam bentuk mitra atau kerja sama(saya sediakan lahan)minimal brapa hektar??dan cara bagi hasilnya bagaimana??

saya sekarang tinggal di daerah wajo(sengkang) Lokasi Lahan saya yang rencananya akan ditanami Tire / Porang berada di daerah MATRA – SULBAR.trimakasi
ini nmr hp saya: 085299116211
email saya : agunk.flyback@yahoo.com
terimakasih sbelumnya dri saya Muh.Agung.S

19 06 2011
Arafah.M

ass….
saya tertarik dengan komodoti tanaman tire, cuma sy masih bingung cara memperoleh bibit tersebut, sy sdh baca bahwa tanaman ini cukup naungan, jd sy tertarik karena di daerah saya adalah tanaman kelapa sawit jd cukup teduh tempatnya. apakah cocok atau tidak ?

25 07 2011
syarif

sy sekarang tinggal di pinrang,dan saya mau nanya pak gmn sbnrnya ciri2 tire yg bagus,soalnya di wilaya sy ada banyak tire yang tumbuh secara tidak sengaja namun sy masih ragu jangan sampai di kembangkan ternyata bukan jenis tire yng diinginkan,tetapi klu ada petugasnya di pinrang sy bisa perlihatkan contohnya yang tumbuh di bawah lahan perkebunan petani kakao.

Bls

26 07 2011
muh anas

untuk alamat daerah sinjai yg membeli tanaman tire alamatx dmn……???
mohon info…

29 08 2011
hasbullah tulle

Assalamu allaikum ….
mohon maaf baru sempat buka web panganmas … teman2 yg ingin mengembangkan tire bisa hub. saya di no 081343535588… (mohon maaf sebelumnya sdi sms dulu pak)…
tire sangat prospektif di kembangkan krn fungsinya sama dgn rumput laut… kalo masalah pasar komoditi ini sangat luas dan di butuhkan oleh dunia internasional asalkan kualitas chip tire bisa di jaga mutunya (tidak berjamur n tercamour jenis lain yg sejenis)….
info lebih lanjut nanti bisa kita bicarakan pak termasuk mslh harganya…

18 12 2011
basrimuhammad67@yahoo.com

tolong kirimkan alamat perusahaan bapak ,dan no telpon bapak soalnya saya berminat join dalam usaha komoditi tire yang di maksud ,,,bapak bisa menghubungi nomr hp saya di 085399222224 terima kasih sebelumnya

hormat saya,
H.muhammad basri spdi

31 12 2011
bonto.burhan

ternyata ada peluang yg menjanjikan dgn tanaman tire berkat info bapak Hasbullah tulle di makassar dan tetangga kab.maros mudah2an dapat dikembangkan di kec.tanralili shg pendapatan petani bertambah ..Insya Allah kami akan menemui bapak agar mendapat bimbingan lebih lanjut dan terima kasih sebelumnya.

18 03 2012
abd.azis

Assalamu alikum,
Salam kenal pak Nama saya Azis alamat makassar,
Saya ke samata minggu tadi ,tapi gudangnya tutup dan tdk ada produksi,
Apakah Pak Hasbullah masih sehat dan masih berproduksi tire.
Saya tertarik untuk mengunjungi pak hasbullah, semoga Bpk mau menerima saya, Hp 085242516630.

21 03 2012
ptags

wassalam
Bapak Hub di No. 081343535588
Ato Langsung saja Ketemu Beliau di Kafe Wafe 685
Belakang Hotel Dempasar Jln Boulevard Makassar..

Thanks
Moderator

21 04 2012
steven

pak hasbullah kalo ada bisa gak kami minta kontak person saya dapat buku yang diterbitkan PT arya agromas cmn gax ada kontak personx.

2 08 2012
iswan

Salam
saya dari sulawesi tenggara, kendari.Saya telah membudidayakan jenis tire kuning di lahan seluas 2 ha.usia tire sudah 2 tahun lebih.kendala saya di pengiriman dan biaya pengolahan.jika ada yang bersedia apat menghubungi saya cp. 081341617815 email : iswan_halip@yahoo.com. sms terlebih dahulu

26 03 2013
Asrianis

halo bro,,,, harganya skrg berapa aku punya stok nih jumlahnya lumayam

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: